Senin, 09 November 2009

Dunia Advertising

Perkembangan dunia periklanan di Indonesia. Ajang kreatif, inovatif dan berwawasan. Diskusi seputar periklanan, branding, e-branding serta promosi melalui media internet beserta pengetahuan dasar, kiat, tips dan triknya.

Pengemasan merek (packaging) meliputi kegiatan promosi, perlindungan, dan penambahan nilai sebuah produk. Pengemasan dapat menjadi hal yang sangat penting, baik bagi penjual maupun konsumen. Pengemasan dapat menjadikan produk lebih nyaman untuk digunakan atau disimpan. Pengemasan dapat menghindari kebusukan atau kerusakan produk. Pengemasan yang baik akan menjadikan produk lebih mudah untuk diidentifikasikan serta memudahkan promosi merek pada titik pembelian dan bahkan ketika sedang digunakan.


Pengemasan dapat meningkatkan nilai sebuah produk

kemasan yang baru dapat membuat perbedaan penting dalam strategi pemasaran yang baru – dengan memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih baik. Terkadang, sebuah kemasan baru menjadika produk lebih mudah dan aman untuk digunakan. Sebagai contoh, saat ini sebagian besar obat-obatan dan produk makanan disegel secara khusus guna mencegah terjadinya kerusakan produk.


Pengemasan mengirimkan pesan

pengemasan dapat mengaitkan produk dengan seluruh strategi pemasaran. Kemasan baterai Energizer yang memiliki ciri kelinci berwarna merah muda, dapat dilihat di iklan televisi yang menarik perhatian dan mengingatkan konsumen bahwa baterai tersebut tahan lama. Kemasan yang baik terkadang memberikan perusahaan lebih banyak efek promosi dibandingkan yang bisa didapat oleh iklan. Pelanggan melihat kemasan di toko-toko, ketika mereka akan membeli produk.


Pengemasan dapat menurunkan biaya distribusi

pengemasan yang lebih protektif sangat penting bagi pabrikan dan grosir. Mereka terkadang harus membayar biaya barang yang rusak dalam pengiriman. Peritel juga memerlukan pengemasan yang protektif. Pengemasan dapat mengurangi biaya penyimpanan dengan mengurangi kerusakan, kebusukan, dan pencurian. Kemasan yang baik juga akan menghemat tempat dan lebih mudah untuk ditangani dan dipajang.


Kode produk uniersal mempercepat penanganan

untuk mempercepat penanganan produk-produk yang cepat terjual, pemerintah dan perwakilan-perwakilan industri telah mengembangkan kode produksi universal (universal product code – UPC) yang mengidentifikasikan setiap produk dengan tanda yang dapat dibaca oleh scanner elektronik. Komputer kemudian mencocokkan setiap kode dengan produk dan harga. Kode-kode ini mempercepat proses pengeluaran dan mengurangi kebutuhan untuk menandai harga setiap barang. Sistem ini juga mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh kasir serta mempermudah pengontrolan persediaan dan pelacakan penjualan produk tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar